29 Okt 2012

MANFAAT GIS UNTUK AGRIBISNIS

Waw ternyata sangat banyak manfaat yang dapat di ambil dari GIS, bahkan menurut saya GIS sangat berperan penting dalam majunya sebuah perusahaan di bidang pertanian, pariwisata, dll.


Indonesia sudah lama dikenal sebagai salah satu negara yang berbasis pertanian. Dimana sebagian besar  penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Hal ini didukung oleh sumber daya alam yang melimpah dan tanah yang subur yang cocok untuk ditanami segala jenis komoditi pertanian. Sayangnya, potensi yang sangat menguntungkan tersebut tidak didukung dengan adanya sumber daya manusia yang baik pula, sehingga Indonesia tertinggal jauh dengan negara-negara lainnya.

Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat meningkatkan pertanian di Indonesia agar terwujud pertanian yang tangguh dan lestari. Pertanian yang tangguh dan lestari akan terwujud jika didukung dengan sistem perencanaan yang akurat dan terukur. Karena itu semua faktor yang mempengaruhi pembangunan berkelanjutan, termasuk faktor pendukung dan pembatas harus dipikirkan sejak awal dan dituangkan dalam sebuah produk database dan peta pembangunan pertanian.

Lahan yang luas dan subur dengan kualitas sumber daya manusia yang berpikiran maju merupakan faktor pendukung utama. Sedangkan faktor pembatasnya yang umum dijumpai adalah kurangnya informasi dan data yang akurat tentang kondisi sumber daya alam, dimana hal tersebut merupakan instrument yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan. Pertanian di Indonesia sampai saat ini belum berpengaruh nyata  dalam meningkatkan produksi pertaniannya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya data dan informasi yang tepat tentang kondisi lahan yang ada dan juga perencanaan yang kurang matang dalam mengambil keputusan.

Penggunaan teknologi yang berbasis komputer untuk mendukung perencanaan pertanian mutlak diperlukan untuk menganalisis, memanipulasi dan menyajikan informasi dalam bentuk tabel dan keruangan. Salah satu teknologi yang memiliki kemampuan tersebut adalah SIG (Sistem Informasi Geografis) dimana sistem ini mampu membuat model yang memberikan gambaran, penjelasan dan perkiraan dari suatu kondisi faktual.

Adapun manfaat adanya SIG untuk pertanian terutama bidang agribisnis adalah memberikan pedoman dan arahan dalam pemilihan jenis tanaman yang dapat berproduksi optimal yang sesuai dengan kondisi lahan yang ada agar hasil yang diperoleh memuaskan dan dapat dijadikan komoditi ekspor. Manfaat lainnya adalah mendorong peningkatan produktifitas sektor pertanian di Indonesia, memberikan pedoman dan arahan bagi petani untuk memilih komoditas sehingga kegagalan dan kerugian panen dapat dihindari  dan juga dengan adanya SIG ini dapat dijadikan sebagai acuan dan referensi bagi para investor untuk menanamkan modalnya di sektor ini untuk menuju organic farming trade.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa SIG sangat diperlukan dan sangat penting sebagai instrumen dalam membantu mengambil keputusan dalam pembangunan pertanian di Indonesia, agar pertanian di Indonesia lebih baik dan maju agar dapat bersaing dan masuk dalam organic farming trade.


0 comments:

Posting Komentar